sepeda motor

Tuesday, 12 February 2008

hari ini tepat dua tahun gue mengendarai sepeda motor🙂 hooray! sebelumnya, boro-boro gue mau naik motor. naik mobil manual aja gue alergi abisss hahaha, temen temen lama gue juga masih suka kaga pecaya gitu kalo gue sekarang naik motor.motor gue bikinan suzuki, lansiran 2002, bermesin 110cc dan kilometernya “baru” 15rb. tadinya itu motor pembokat gue, dan gue rampas dengan cara melotot2 gitu deh. demi menghindari pembokat gue ngambek dan menangis jerit-jerit di lantai, papi ngebeliin lagi sepeda motor yang persis sama buat pembokat gue itu. hihi.. makasi ya pap! belajar nyetir motor juga benar benar menguras jatah garansi jantung gue. tadinya gue berpikir sepeda motor itu ngga beda jauh sama sepeda jengki. ternyata rada lebih berat dan rada sulit disetir dengan tangan. gue baru tau kalo motor itu lebih gampang disetir dengan pantat. ogel-ogel gitu. kalo masi belajar, akan lebih baik bila kita tidak mempraktekkan pantat goel-goel itu di mobil atau di angkot. apalagi di restoran. apa sih? norak deh…

enaknya naik motor adalah, waktu perjalanan yang jauh lebih singkat daripada moda transportasi lainnya. kalo ke kantor naik mobil, bisa abis satu jam setengah dari rumah. ampe mati gaya gue.. kalo naik motor, cuman setengah jam dari pintu pager sampe duduk di cubical. benar benar sebuah luxurious privilege buat gue karena memberikan bonus untuk bangun pagi satu jam lebih siang. walopun ujung ujungnya gue nyampe kantor jam sepuluh juga sih, hehehe.. disamping itu, enaknya naik motor lagi adalah, bensinnya murah banget coy. cuman dua puluh ribu rupiah seminggu! itu pun pake bensin paling mahal… dah ga jaman bos pake bensin raskin, hihihi.

selain itu ongkos ngerawat motor juga murah meriah coy! gue udah dua kali turun mesin motor kumplit dengan damage cost sebesar 450rb e.a, kalo buat mobil gue itu cuma dapet sekali ganti oli bok! sangar ya? dulu waktu memutuskan naik motor, sebenernya gue dapet tunjangan transport dari kantor sebesar sejuta perak tiap bulan. tapi daripada dipake transport, mendingan duitnya dipake buat hal-hal lain yang lebih penting; buat ke Delta misalnya, atau sekedar happy hour di red square🙂

engga enaknya naik motor adalah pas lagi pagi hari, mo ke kantor, ujan! huaaa.. gue bisa nongol di kantor kayak kucing kecebur comberan. udah gitu, perabotan lenongnya sepeda motor tu ribed banget. musti bawa helm, jaket, sarung tangan, masker, kunci setang, handuk, dongkrak, celana dalem, eh ngaco… pokoknya ribet aja deh. belum lagi kalo pake acara jadi korban pelaku-kejahatan-nyebar-nyebar-paku-payung. ugh, nyebelin banget deh orang kayak gitu. gue pernah ngedorong motor dari TVRI sampe binus gara-gara ban bocor kena paku ranjau. lain kali Bang, nyebar pakunya deket2 lapaknya donk, gak usah takut ketara deh.. basi!

selain itu, naik motor juga engga enak kalo elo terpaksa harus membonceng orang lain. lebih lebih kalo yang lo bonceng adalah laki-laki. berasa dikejar-kejar burung coy !! dan yang paling engga enak dari pengalaman naik motor adalah kalo jatoh. selama ini gue udah pernah dengan suksesnya jatoh karena menabrak tukang buah, trotoar pertigaan jalan, bajaj mau parkir dan sepeda motor lain yang tau tau nongol dari balik mobil orang.

eniwei, kalo elo-elo baru memutuskan untuk mau mulai nyetir motor, jangan takut. berikut ini gue tempelin ukuran-ukuran vital dari sepeda motor untuk mempertimbangkan merk apa yang aman anda gunakan

1. Torque to weight ratio
ukuran ini menunjukkan seberapa kuat sebuah sepeda motor menggendong anda dan boncengan dibelakang anda. makin tinggi rankingnya makin bagus, tapi bukan berarti motor urutan 1-10 boleh dinaikin orang empat… biasanya kalau anda adalah pendiam, tidak senang bersosialisasi dan ingin menyendiri, cari motor di urutan terbawah. sebaliknya berlaku bila anda senang boncengan dengan para sahabat sambil ngerokok dan ngupi-ngupi.


2. Power to weight ratio
ukuran ini menunjukkan seberapa kencang motor anda berlari, biasanya sih, semakin kencang semakin irit. tapi engga bisa digeneralisir, karena semua juga tergantung body mass index anda juga.. hehehe🙂 kalau anda seneng jalan pelan pelan dengan angin semilir/sepoi-sepoi, urutannya dibalik dari bawah keatas.. kalo anda adalah type-type orang yang pengen buru buru orgasme, beli aja yang paling atas…

ACHTUNG!: mau nomer satu atau nomer dua puluh, tidak ada yang kebal sama paku ranjau.

data diolah dari sebuah milis merk kymco sengaja engga dimasukin soalnya gue pernah diserempet sampe luka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: