sweet child of mine

Wednesday, 5 November 2008

lagi di bali kemaren gue sempet jalan jalan ke kuta, jalan jalan doang karena lagi ga ada duit. para bos-bos termasuk si boss-nan-cantik-jelita pada sibuk belanja sana belanja sini. gue nongkrong aja di pinggir jalan. kepengennya sih nongkrong didalem mobil aja, sambil ngadem. tapi males ditanya tanya sama supirnya. I found out that di kuta itu enak loh duduk duduk bengong di pinggir jalan. kalo di jakarta kan yang lewat itu itu aja, kalo disini macem macem. banyak variasinya. ada yang bule, ada yang jepang, ada yang pake s class, ada yang pake jip open top. ada yang berjilbab, ada yang gondal gandul. seru.

di bali, orang pantang mengemis. kecuali di daerah danau batur, mungkin karena adat juga, balinese people lebih memilih bekerja apapun pekerjaannya untuk mencari uang. tidak mengemis, tidak mencopet, apalagi menodong. seorang anak perempuan kecil menghampirin gue nawarin gelang, entah bikinannya entah nemu dimana.

“om beli gelangnya om…”
“berapa?”
“lima ribu om… ”

gue ambil duit di dompet gue kasihin tanpa mengambil gelangnya. gue liat, anak kecil itu manis sekali. rambutnya pirang, kulitnya well tanned tapi terlihat putih, giginya tersusun manis, defenitely ini anak bule walau logatnya kental balinese sekali. gue tidak punya skrinsyut disini, karena satu gue gak punya kamera digital ataupun handphone berkamera, dan dua gue gak suka upload foto foto gue ke blog.

“kamu bule ya?”, gue tanya.
“bukan.. ”

anak itu namanya ayu, kelas dua esde. ayahnya bule, dia tidak tahu atau tidak mau tahu bule dari mana. gue juga males nanyain bule mana, yang pasti dia ngga disini. beberapa bulan sekali sih tetap mengirimi uang, tapi ayu sudah tidak lagi bertemu ayahnya for such a long long time. ibunya seorang waitress bar. bayangan gue sih typical cewek banjar kuta yang lekat dengan hedonism, tapi lets not judging her lah. ndak bae menuduh nuduh.

ayu selalu nongkrong disini kalau malam. bersama tetangga tetangganya tentunya. ada kak eka dan kak marini, dua pekerja pijat refleksi temannya pergi pulang ke rumah. dia bilang engga tiap malam bisa ketemu sama ibunya, terkadang dia cukup terjaga untuk bisa bertemu ibunya. tapi hampir setiap pagi mereka bertemu. ayu lebih banyak bertemu dengan lingkungan teman teman dan tetangga kampungnya. disekolah, pulang sekolah, dibanjar, sampe ditempat ‘jualan’. pokoknya dimana mana. ayu sudah tidak lagi mengerti konsep keluarga. her life is all about people who are closed to her.

the worst part is, karena physical appearance-nya dia semua orang disini pasti menganggapnya ‘bule’. she’s part of us but she’s not part of us. kalo di pelem tokyo drift, ayu pasti sudah dicap ‘gaijin’. terbukti beberapa saat kemudian ketika ayu menawarkan gelangnya ke pengemudi jazz hitam berpelat DK dia mendapat pertanyaan yang sama seperti diatas, “kamu bule ya?”. mungkin dari lahir dia sudah mendapat pertanyaan yang sama. dan diapun sudah terlatih benar untuk menjawab singkat pendek, “bukan..”. she has to live with it for the rest of her life.

drama?

tidak. gue punya keyakinan kalau suatu saat nanti ayu akan berbahagia. bagaimana tidak? I have to admit anak kecil ini beneran cantik. darah campuran gitu gimana sih? dia dapet DNA yang bagus bagus dari bapaknya, juga dari ibunya. kalau besar nanti dia pasti jadi model. selain itu ayu juga supel sekali. jarang ada orang (atau anak kecil) yang bisa ngobrol panjang sama gue, well.. that introvert thing I’ve been proud of. ayu pun tinggal di bali, the island of gods, semua orang happy disini. bali happy. the world’s giant theme park, alive.

as for Bunga, I suddenly remembered. I love her so much, her parents love her so much. no doubt. we always want to show her how deeply she’s being loved. Bunga selalu tidur bersama orang tuanya setiap malam. apapun yang dia minta, selalu keturutan. apa lagi yang kurang?

satu hal. gue engga bisa memastikan masa depan Bunga. bahkan untuk masuk sekolah tahun depan pun masih belum pasti. apalagi bisa menyekolahkannya sampai perguruan tinggi?

kenapa gue bisa yakin dengan Ayu tapi tidak dengan Bunga?

6 Responses to “sweet child of mine”

  1. oscar said

    ga perlu ragu dan ga yakin sama bunga bub. just live for today, tomorrow is a real mistery. lagian bunga punya jalan hidupnya sendiri yang ga mungkin bisa lo setir2 nantinya…
    tulisan lo yang ini dalem banget bub…
    bikin gw merenung, hidup gw sekarang udah sampe dimana…

  2. tere616 said

    She’s with us but not part of us, itu kan komen lo tentang Ayu ?
    Menurut gw bub, justru Bunga punya sesuatu yang bisa dijadikan pegangan saat besar nanti, sedangkan Ayu, she’s not part of us, dia harus berjuang sendirian.

    Tidak ada siapapun yang tahu tentang masa depan kita sendiri/anak kita, jadi selama kita masih hidup, berikanlah yang terbaik yang masih bisa kita miliki, waktu yang terbatas dan kasih sayang yang tidak ada batasnya.

    Nice thought Bubba.

    PS.
    Wah, gw musti balik kerja lagi nih.
    Gara-gara maksa baca postingan lo nih bikin gw jadi merenung dan malas ngerjain tugas :-p

  3. therry said

    Mungkin karena masa kecil Ayu yang keras, maka dia sudah terlatih untuk menghadapi apapun, makanya lo lebih yakin? Plus kali aja gedenya bisa ngegantiin Luna Maya, kan katanya cakep bgt😀

  4. because u care about Bunga more than you do about Ayu. So u feel like u dont have the ability to give what Bunga needs. As for Ayu, maybe u think somebody will fill her needs🙂

  5. ERU said

    Coz u selalu pengen yang terbaik buat Bunga, makanya ga pernah feel enough sama yang *terbaik* itu

    as for Ayu, hope she grow up loved and strong yep

  6. oelpha said

    postingan ini bikin gw speechless. gw juga suka nongkrong duduk diem di kuta, tapi hanya sibuk dengan dunia gw saja. too ignorant to realize that there are people like ayu there. i should’ve been more aware..

Leave a Reply

